Friday 30 August 2013

Abu Bakar Al-Jazairi; Penulis Kitab Minhajul Muslim

|| Oleh: Ali Ghufron Sudirman ||

Abu Bakar Al-Jazairi bernama lengkap Jabir bin Musa bin Abdul Qadir bin Jabir. Beliau biasa dipanggil Abu Bakar Al-Jazairi. Lahir di Desa Lira, bagian selatan Aljazair pada tahun 1921. Di kampungnya ini beliau tumbuh dan mengenyam pendidikan dasar. Di situ pula beliau mulai menghafal Al-Quran, bait-bait gramatikal Arab dan fiqih mazhab Maliki. Kemudian beliau pindah ke kota Baskara dan belajar ilmu-ilmu agama serta logika kepada para alim ulamanya hingga mengajar pada salah satu madrasah di sana.

Setelah itu, beliau bersama keluarga pindah ke Madinah Al-Munawwarah. Di Kota Madinah inilah Abu Bakar Al-Jazairi memulai perjalanan ilmiahnya. Beliau aktif pada halaqah-halaqah pengajian di Masjid Nabawi yang diampu oleh para syekh dan ulama Madinah, sampai beliau mendapatkan rekomendasi dari Ri’asah Al-Qadha’ di Makkah Al-Mukarramah untuk mengajar serta menggelar halaqah pengajian sendiri. Beliau pun mulai membuat halaqah pengajian di Masjid Nabawi dan mengampu materi tafsir, hadits, dan lain-lain.

Selain memiliki halaqah pengajian di Masjid Nabawi, Abu Bakar Al-Jazairi juga mengajar di beberapa sekolah di bawah kementerian pendidikan. Beliau juga mengajar di Dar Al-Hadits di Madinah Al-Munawwarah. Ketika pada tahun 1380 H Jami’ah Islamiyah dibuka, beliau merupakan salah satu dosen yang pertama mengajar di sana dan berlangsung hingga beliau mencapai usia pension tahun 1406 H.

Abu Bakar Al-Jazairi merupakan salah satu ulama yang sangat giat berdakwah. Beliau berdakwah ke negara mana pun yang ia kunjungi. Di samping sibuk berdakwah dan mengajar, beliau juga rajin menulis. Di antara karya beliau adalah:

1. Rasa’il Al-Jazairi yang terdiri atas dua puluh tiga risalah tentang Islam dan dakwah.

2. Minhajul Muslim, yaitu kitab yang membahas tentang akidah, adab, akhlak, ibadah, dan muamalah.

3. Aqidatul Mu’min, yaitu kitab yang membahas tentang dasar-dasar akidah umat Islam.

4. Aisarut Tafasir lil Qur’anil Karim, yaitu kitab tafsir dalam 4 jilid.

5. Adh-Dharuriyyat AL-Fiqhiyyah, yaitu risalah mengenai fiqih Mazhab Maliki

6. Dan lain-lain masih banyak kitab yang beliau tulis.

Artikel Terkait:

No comments:

Post a Comment

Katakan yang baik-baik, atau lebih baik diam. Begitu pesan Rasul kita...